Lezatnya tujuh kuliner khas jawa timur - kuliner blog

Thursday 31 January 2019

Lezatnya tujuh kuliner khas jawa timur

Lezatnya tujuh kuliner khas jawa timur

Di pulau seluas 47.922 kilometer persegi, Jawa Timur tak hanya memiliki wisata alam yang menarik, tetapi juga makanan enak yang wajib kamu coba. Makanan khas Jawa Timur itu dikenal dengan menggunakan terasi dan petis sebagai pemberi rasa pada masakan.
Makanan khas Jawa Timur juga cenderung memiliki rasa pedas. Dari sekian banyak kuliner khas Jawa Timur, Inilah 7 Kuliner khas Jawa Timur enak yang sering kamu jumpai.






1. Pecel

Bahan utama makanan ini adalah beberapa jenis sayur rebus yakni kangkung, kacang panjang, kol, irisan timun, dan tauge. Semua bahan dicampur dengan sambal kacang, makin nikmat dinikmati dengan rempeyek.
Ada beberapa kota yang mempunyai nasi pecel yang enak dengan ciri khasnya masing-masing seperti Kediri, Madiun, dan Blitar. Biasanya kamu lebih suka makan nasi pecel saat sarapan atau makan malam, nih?


pecel khas jawa timur
pecel khas jawa timur

2. Rawon

Ciri khas masakan ini adalah kuahnya berwarna hitam pekat yang didapat dari penggunaan kluwek. Beberapa bahan bumbu yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, dan lain-lain.
Selain terkenal di Surabaya, rawon Pasuruan pun tak kalah enaknya dengan sate komoh sebagai pelengkap.
rawon pasuruan
rawon



3. Rujak Cingur

Salah satu kuliner khas Surabaya ini memang mantap untuk dijadikan menu makan siang. Nama rujak Cingur ini adalah menggunakan salah satu bahan utama pada rujaknya yakni irisan daging mulut (cingur) sapi.
Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, bengkuang, nanas, yang dipadukan dengan lontong atau nasi, tahu, tempe, cingur, sayuran, dan terakhir disiram saus dari olahan petis udang dan bumbu lainnya.



rujak cingur legendaris
rujak cingur

4. Rujak Soto

Apakah kamu baru tahu tentang rujak soto khas Banyuwangi ini? Makanan ini memang menggabungkan dua jenis makanan yakni soto kuning dengan rujak. Tanpa dicampur saja, kedua makanan tersebut sudah sangat enak dan menggoda, kalau digabung rasanya pasti makin maknyus. Apa kamu pernah mencoba rujak soto?

rujak soto
rujak soto

5. Soto

Soto memang makanan populer khas Indonesia yang tersebar hampir di seluruh daerah. Hal yang menjadi pembeda soto Jawa Timur dengan daerah lainnya adalah soto Lamongan yang terkenal dengan koya, serta soto dok Jombang dengan kuahnya tidak teralu kental dan bening.
Bumbu kuah inilah kuncinya, hingga soto terasa lezat dan lebih lengkap dari soto lainnya. Sebab, kuah itu terbuat dari bumbu yang terdiri dari ketumbar, jinten, sere, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, merica, garam dan kemiri, dengan pelengkap bawang goreng.
soto lamongan
SOTO LAMONGAN




6. Tahu Campur

Makanan ini terdiri dari selada, tauge, lontong, mie kuning, tahu goreng, dan potongan lentho singkong yang menyatu kedalam kuah kaldu tetelan sapi yang gurih.
Makanan khas Lamongan, Surabaya, dan Magelang ini mungkin sekilas mirip ketupat tahu yang populer di daerah Jawa Tengah.



tahu campur
TAHU CAMPUR

7. Pecel Lele

Terkenal di daerah Lamongan, makanan ini memang cocok menggambarkan kuliner pedas khas Jawa Timur. Sekilas memang terlihat biasa, tapi spesialnya makanan ini terletak pada sambalnya. Kamu tidak perlu khawatir bila tak suka dengan lele, di setiap warung pecel lele pasti menjual beragam lauk lainnya.
Jadi sudah pernahkah kalian mencoba ?
pecel lele lamongan
PECEL LELE




Shares

0 comments:

Post a Comment


Top