20 manfaat kacang hijau untuk kesehatan - kuliner blog

Friday 28 December 2018

20 manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan
1. Sebagai Anti-Aging
Kacang hijau termasuk kedalam sumber makanan anti-aging (anti penuaan) yang kuat dan sangat baik. Tembaga yang terkandung di dalamnya menjadi rahasia di balik sifat anti-aging yang dimiliki kacang hijau. Polong polongan ini dapat mengurangi datangnya keriput, bintik hitam dan garis usia yang terdapat pada kulit dengan mudah.
Dengan mengkonsumsi kacang hijau secara rutin, cukup dan teratur, Anda akan terlihat 10 tahun lebih muda dari usia Anda yang sebenarnya karena kacang hijau ini dapat mempercantik kulit wajah, rambut dan kuku pada wanita maupun laki laki. Jika Anda ingin memiliki penampilan yang tetap muda, Anda harus beralih ke beberapa resep sarapan kacang hijau yang pastinya menggoda mulut seperti kolak lakijo (labu kacang ijo), bubur kacang ijo, onde kacang ijo, bakpia kacang ijo, dll.
2. Sebagai Pencerah Alami
Siapa yang tahu jika manfaat kacang hijau yang satu ini dapat menambah kilau dan cahaya pada kulit manusia. Kandungan tembaga ternyata juga mampu meningkatkan tingkat kecerahan kulit. Menggunakan kacang hijau sebagai scrub merupakan pilihan yang baik. Sangat mudah untuk membuat scrub kacang hijau di rumah.
3. Nutrisi Yang Sangat Baik Bagi Rambut
Lagi lagi kandungan tembaga menjadi salah satu sumber manfaat kacang hijau yang sangat baik untuk tubuh. Tembaga adalah salah satu mineral penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Mengkonsumsi kacang hijau dapat membantu menambah asupan tembaga yang dibutuhkan tubuh.
Dengan tercukupinya asupan mineral yang satu ini maka pasokan oksigen kedalam otak akan semakin lancar sehingga kesehatan kulit kepala dapat lebih terjaga dan membuat rambut Anda lebih berkilau, panjang, kuat dan tebal.
4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Banyak orang dengan metabolisme yang buruk menderita gangguan pencernaan. Manfaat kacang hijau ini diketahui dapat meningkatkan metabolisme tubuh karena kaya akan serat, yang artinya dapat memperlancar proses pencernaan tubuh manusia. Mereka bertanggung jawab untuk meningkatkan tingkat metabolisme secara keseluruhan
5. Pengontrol Kolesterol
Penyakit jantung sangat umum terjadi akhir-akhir ini. Gaya hidup yang buruk adalah salah satu penyebab utama timbulnya masalah kesehatan jantung. Kacang hijau hadir menjadi solusi tepat karena manfaat kacang hijau ini ternyata dapat meningkatkan laju pencernaan dan metabolisme tubuh manusia, yang pada akhirnya dapat menurunkan pembentukan dan akumulasi kolesterol di dinding arteri dan kapiler.
6. Sebagai Bahan Dasar Makanan Ringan Yang Bernutrisi
Orang yang menderita demam, sakit perut dan diare akan merasa sulit mencerna makanan. Terlebih lagi, indra perasa akan terganggu dan menjadi lebih sulit lagi untuk memakan makanan. Kacang hijau adalah salah satu bahan makanan yang dapat dicerna dengan sangat mudah (karena kaya serat) dan juga dapat dibentuk untuk membuat beberapa resep makanan ringan yang menggiurkan. Ini sering digunakan sebagai bagian penting untuk pemulihan tenaga.
7. Penguat Tulang Yang Handal
Kacang hijau dapat digunakan sebagai suplemen kalsium alami sehingga dapat menjaga kesehatan tulang Anda. Rutin mengkonsumsi kacang hijau dapat menjaga tubuh dari berbagai gangguan kesehatan tulang seperti osteoporosis atau tulang keropos. Kandungan fosfor dan kalsiumnya efektif menutrisi tulang dan sangat baik untuk mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh.
8. Makanan Pelangsing
100 gram kacang hijau hanya mengandung 330 kalori. Itu artinya kacang hijau dapat digunakan sebagai alternatif salah satu cara tersehat untuk menurunkan berat badan. Orang yang ingin menurunkan berat badan tetapi ingin tetap merasa kebutuhan energi tercukupi dapat memasukkan kacang hijau dalam makanan mereka sehingga manfaat kacang hijau yang disebutkan dapat lebih dirasakan lagi.
9. Menjaga Kesehatan Gusi
Manfaat kacang hijau ini serupa dengan salah satu manfaat susu untuk kesehatan. Selain kalsium, kacang hijau juga kaya sodium. Sodium dibutuhkan untuk kesehatan gusi dan gigi kita. Masalah gusi seperti nyeri, kemerahan, bau tak sedap dan perdarahan gusi dapat dicegah dengan konsumsi makanan kaya sodium ini.
10. Mengatur Tekanan Darah
Ini adalah fakta yang terbukti bahwa kacang hijau merupakan pengendali dan pengatur lemak. Selain itu, kandungan magnesium yang cukup besar membuatnya menjadi pengatur Blood Preasure (tekanan darah) yang sangat kuat. Magnesium bekerja dengan meringankan pembuluh darah dan menurunkan hipertensi sehingga membuat tekanan darah dalam tubuh menjadi terkendali.
11. Meningkatkan Fokus Mental dan Waspada
Orang yang menderita masalah konsentrasi dan memori lemah tentu harus mengkonsumsi kacang hijau. Kacang hijau kaya akan zat besi, yang membawa oksigen dalam darah dan menyuplai ke semua organ dan jaringan. Asupan kacang hijau memastikan suplai oksigen ke semua bagian tubuh menjadi lebih optimal, termasuk ke otak manusia. Ini meningkatkan fokus dan menajamkan memori Anda.
12. Meningkatkan Imunitas
Manfaat kacang hijau sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh ini dikarenakan adanya kandungan zat besi yang telah lama diketahui dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Selain itu, kandungan vitamin C yang terkandung juga dapat berfungsi sebagai antioksidan alami sehingga dapat menjaga tubuh dari radikal bebas.
13. Sebagai Anti-Toxic (Anti Racun)
Toksisitas adalah masalah serius dan dapat memiliki efek samping jangka panjang termasuk bisul, tumor dan kanker. Anda dapat menjaga tubuh agar terhindar dari racun dengan mengkonsumsi kacang hijau. Tumbuhan ini akan memelihara kesehatan sirkulasi tubuh serta membuang racun dari tubuh dengan mudah.
14. Sebagai Anti-Kanker
Seperti disebutkan di atas, kacang hijau dapat menjaga tubuh dari paparan radikal bebas. Radikal bebas ini bisa timbul dari polusi, stres, cemilan yang tidak sehat dan racun dalam tubuh. Hal tersebut dapat mengganggu pertumbuhan sel yang sehat menjadi abnormal. Pertumbuhan sel yang abnormal dapat menyebabkan kanker. Kacang hijau yang merupakan penekan alami radikal bebas, adalah pilihan yang baik untuk mencegah kanker.
15. Pengontrol Gula
Kacang hijau dapat meningkatkan pembentukan gula yang bersifat ramah bagi tubuh dan mencegah pembentukan gula jahat pada manusia. Gula ramah atau gula yang mudah dicerna tubuh tidak akan beredar dalam darah. Mengkonsumsi kacang hijau adalah cara yang sangat efisien untuk mengatur metabolisme gula dalam tubuh sehingga dapat mencegah diabetes.
16. Menjaga Kesehatan Mata
Salah satu manfaat kacang hijau lainnya adalah dapat menjaga kesehatan penglihatan. Kacang hijau memiliki salah satu vitamin yang baik bagi mata yaitu vitamin C. Anti-oksidan alami dari vitamin C membantu retina mempertahankan fleksibilitasnya.
17. Sebagai Anti-Virus
Vitamin C membuat kacang hijau menjadi anti virus yang sangat kuat. Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih atau WBC menjadi aman tanpa virus sehingga membuat tubuh tetap aman. Hampir sama dengan vitamin C, zat besi dalam kacang hijau juga sama baiknya dalam berperan sebagai anti-virus. Kacang hijau adalah cara yang baik untuk menjaga tubuh dari gangguan sistem imun.
18. Membantu Mempercepat Pertumbuhan Anak
Kacang hijau dapat memastikan pertumbuhan yang tepat pada anak anak. Ini dikarenakan kandungan alami dari semua vitamin dan mineral yang diperlukan untuk memicu pertumbuhan hormon dalam tubuh dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi kacang hijau.
19. Sumber Vitamin K Yang Baik
Setiap seseorang mengalami cedera yang menyebabkan luka, pendarahan pasti tak dapat dihindari. Namun jumlah Vitamin K yang tidak tercukupi dapat mengganggu proses pembekuan darah sehingga darah lebih banyak yang terbuang. Ketika darah banyak terbuang, maka kondisi ini bisa menjadi situasi yang mengancam keselamatan jiwa Anda.
20. Pelindung Kesehatan Hati
Protein tidak hanya penting untuk kesehatan tulang dan otot, tetapi juga dapat melindungi hati dari berbagai kerusakan. Kacang hijau adalah salah satu sumber protein terbaik untuk para vegetarian. Anda harus mengkonsumsi kacang hijau setiap hari untuk menjaga hati Anda tetap aman. Protein dapat memastikan berfungsinya bilirubin dan biliverdin dalam hati dan menjaga hati aman dari berbagai penyakit.
Semua manfaat kacang hijau yang tercantum di atas dapat menjadikan kacang hijau sebagai pahlawan super bagi kesehatan tubuh Anda. Kancang hijau tidak hanya menawarkan berbagai manfaat kesehatan tubuh jika di konsumsi, tetapi juga menjadikan kesehatan kulit, wajah dan rambut menjadi lebih berkualitas.


Shares

0 comments:

Post a Comment


Top